Sunday, July 3, 2016

Resep Cara Membuat Empek Empek Palembang Asli Yang Enak

Siapa hayo yang tidak suka dengan makanan khas Palembang ini, yup makanan Khas Palembang ini sangat terkenal akan namanya dan juga rasanya lho, yaitu empek-empek Palembang, baiklah agar tidak penasaran, yuk simak baik-baik ulasan saya ya, selamat mencoba.


Resep Cara Membuat Empek Empek Palembang Asli Yang Enak


Resep Empek Empek Palembang Asli


Bahan

  • 500 gram ikan tenggiri segar, giling halus 
  • 300 ml air 
  • 1-2 bh putih telur 
  • 10 siung bawang merah cincang (halus atau kasar tepat selera aja) 
  • 1-2 batang daun bawang cincang (halus atau kasar tepat selera aja) 
  • 2 sdt munjung garam halus 
  • secukupnya merica 
  • 250-300 gram sagu tani 
  • minyak buat menggoreng 


Cara membuat empek-empek Palembang yang enak


  1. Campur ikan, bawang merah, daun bawang, putih telur, garam & merica menjadi satu. Mikser kecepatan tinggi sambil masukkan air & garam. 
  2. Sesudah tercampur rata, matikan mikser, merubah bersama spatula : ) masukkan sagu tani sedikit demi sedikit hingga adonan sanggup dibentuk (adonan masihlah lembek tetapi kala dipencet bersama tangan atau disendok tak jatuh lagi) kira2 200-250gr, kalau dirasa kurang boleh tambahkan sedikit hingga 300gr tp janganlah lebih kelak pempeknya keras. 
  3. Sesudah rata, banting2 sebentar adonan 4-5 kali (boleh diskip kalo pake ikan yang bener2 segar/belum dibekukan). Panaskan minyak yg tidak sedikit dlm penggorengan, dulu bulatkan dg dipencet memakai tangan atau 2 buah sendok (seperti membulatkan bakso), masukkan ke dalam minyak yg telah panas. Goreng bersama api kecil/sedang biar matang hingga ke dalam. 
  4. Jikalau mau pempek berbentuk bulat kece sehingga tatkala digoreng minyak mesti sambil diaduk2 tetap. Kalo gak diaduk kebanyakan pempeknya menyukai gepeng : D Tanda pempek telah matang kebanyakan dapat mengembang & kadang2 meletus (pempeknya 'pecah' gitu sesuai digoreng). Angkat & tiriskan, siap dikonsumsi. Kalo gak habis boleh dimasukin ke lemari pendingin, tahan seputar seminggu. Atau masuk freezer tahan 2-3 bln. 
  5. Petunjuk : air boleh ditukar santan, rasa pempek bakal lebih gurih serupa otak2 & pempek dapat bertekstur lebih lembut. Tetapi pempek adaan yg pake santan lbh rentan basi. Di lemari pendingin kurleb 3 hri atau freezer max. 1 bln.

Terimakasih.

Resep Cara Membuat Empek Empek Palembang Asli Yang Enak Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Haidar Syaifudin Islam